Identifikasi jaringan komunikasi informal direktorat sumber daya manusia bank indonesia ttg bantuan likuiditas bank indonesia

Nurya, Ulfa (2009) Identifikasi jaringan komunikasi informal direktorat sumber daya manusia bank indonesia ttg bantuan likuiditas bank indonesia. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Ulfa Nurya 44205010010 IDENTIFIKASI JARINGAN KOMUNIKASI INFORMAL DIREKTORAT SUMBER DAYA MANUSIA BANK INDONESIA TENTANG MASALASAH BANTUAN LIKUIDITAS BANK INDONESIA V Bab; Halaman; Tabel; Lampiran Bibliografi(1985-2005) Jaringan komunikasi informal terbentuk dengan sendirinya di luar struktur formal tanpa aturan yang resmi didalamnya dan tidak bergantung pada otoritas dan fungsi-fungsi pekerjaan. Jaringan komunikasi informal merupakan faktor utama untuk menciptakan situasi yang kondusif di dalam organisasi mereka, melalui jaringan komunikasi informal ini interaksi antar karyawan akan terjadi yang pada akhirnya dapat tercipta rasa solidaritas diantara mereka. Adapun rumusan masalah yang diangkat adalah untuk mengidentifikasi jaringan komunikasi informal Direktorat Sumber Daya Manusia Bank Indonesia beserta peran-peran individu, model jaringan dan pola komunikasi tersebut, oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui jaringan komunikasi informal Direktorat Sumber Daya Manusia Bank Indonesia beserta model jaringan komunikasi yang terbentuk, juga ingin mengetahui peran apa saja yang tercipta pada klik yang terbentuk. Penelitian ini berdasarkan pada konsep-konsep yang berkaitan dengan jaringan komunikasi informal, yaitu manfaat jaringan komunikasi informal, sifat dari jaringan komunikasi informal, peran-peran yang ada dalam jaringan komunikasi informal, modelmodel klik yang terbentuk beserta pola yang ada dalam klik tersebut. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode survei. Dalam penarikan sampel menggunakan Snowball sampling dan untuk menentukan ukuran sampel digunakan rumus Solvin dengan ketidak telitian dalam pengambilan sampel yang dapat ditolirir sebesar 10% dimana seluruh informasi yang dikumpulkan diambil dari anggota populasi yaitu sebanyak 50 orang dari 100 anggota yang ada dengan menyebarkan kuesioner. Hasil penelitian ini menemukan adanya jaringan komunikasi informal tentang masalah Bantuan Likuiditas Bank Indonesia beserta isu yang sering dibicarakan yang terdapat didalamnya. Selain itu juga ditemukan peran-peran individu dalam jaringan komunikasi informal yaitu Opinion Leader, Gate Keeper, Bridge, Kosmopolite, liason dan Isolate. Dalam jaringan ini terdapat empat klik yang terbentuk yang masing-masing membentuk model circle, model Huruf “Y”, model rantai dan model all channel atau semua saluran. Dan diharapka dengan adanya jaringan komunikasi informal yang terbentuk dapat lebih diorganisir terutama untuk hal-hal yang dapat menunjang pemulihan nama baik Bank Indonesia dimata para karyawannya khususnya dikalangan karyawan Direktorat Sumber Daya Manusia Bank Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 09 064
Call Number: SK/09/565
NIM/NIDN Creators: 44205010010
Uncontrolled Keywords: komunikasi informal
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 17 Nov 2009 14:04
Last Modified: 31 May 2017 02:08
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25092

Actions (login required)

View Item View Item