Sikap khalayak thd tayangan dunia relawan di Daai TV (Survei di perumahan widyatama indah cibinong)

Maarif, Syamsul (2009) Sikap khalayak thd tayangan dunia relawan di Daai TV (Survei di perumahan widyatama indah cibinong). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan media televisi sangat luar biasa. Dominasi televisi telah melampaui media masa lain. Hal ini karena televisi mempunyai keunggulan audio visual, dan kemudahan mengaksesnya. Beragam acara pun semakin memanjakan pemirsanya; yang meliputi tayangan hiburan, pendidikan maupun program lainnya. Salah satu tayangan yang hadir ditengah berbagai format tayangan adalah tayangan Dunia Relawan di DAAI TV. Tujuan dari tayangan Dunia Relawan adalah untuk mengajak khalayak untuk peka dalam mengatasi permasalahan sosial yang ada di sekitar kehidupannya. Pokok permasalahan penelitian ini adalah bagaimana sikap khalayak, dalam hal ini, warga perumahan Widyatama Indah- Cibinong terhadap tayangan Dunia Relawan. Tinjauan Pustaka penelitian ini adalah pandangan Schifman dan Kanuk (1997) menyatakan bahwa sikap adalah ekspresi perasaan (inner feeling), yang mencerminkan apakah seseorang senang atau tidak senang, suka atau tidak suka, dan setuju atau tidak terhadap objek. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah warga perumahan Widyatama Indah-Cibinong. Teknik sampel yang digunakan adalah purposif sampling.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tabel tunggal. Skala yang dipakai menggunakan rumus Interval. Setelah melalui proses penelitian, maka didapatkan hasil bahwa; dari jumlah 53 responden, pengetahuan mereka tentang tayangan Dunia Relawan cukup tinggi. Mayoritas responden mengetahui garis besar pesan dan isi tayangan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa tayangan Dunia Relawan dapat memenuhi kebutuhan informasi responden mengenai permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat, serta mampu mempengaruhi sikap responden dalam melihat permasalahan sosial yang ada. Peneliti menyarankan hendaknya produser membuat inovasi-inovasi agar tayangan tersebut mengikuti perkembangan selera menonton masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 09 054
Call Number: SK/09/564
NIM/NIDN Creators: 4410412-024
Uncontrolled Keywords: khalayak thd tayangan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 17 Nov 2009 11:59
Last Modified: 31 May 2017 02:08
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25091

Actions (login required)

View Item View Item