Analisis proses peliputan wartawan infotainment obsesi di global tv dlm konteks kode etik jurnalistik (Periode Maret - April 2009)

Afriany, Putri Widya (2009) Analisis proses peliputan wartawan infotainment obsesi di global tv dlm konteks kode etik jurnalistik (Periode Maret - April 2009). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Televisi merupakan media yang paling diminati oleh publik, paling memberikan pengaruh besar pada khalayak. Tayangan infotainment yang merupakan gabungan informasi dan hiburan, hadir karena struktur industri penyiaran, integrasi vertical an horizontal industri media, tekanan pencapaian ekonomi, dan munculnya pekerja media yang memiliki keterikatan, maksud keterikatan kesemuanya saling memiliki hubungan namun tidak benar-benar memahami atau mengerti tentang apa saja yang boleh dan apa tidak boleh, seperti yang diatur oleh KEJ sehingga terjadi banyak pelanggaran dalam prakteknya. Salah satu tayangan infotainment yang disiarkan stasiun televisi swasta adalah “OBSESI”. “OBSESI” merupakan program infotainment yang bernaung dibawah departemen news, hadir setiap Senin sampai Jumat dengan durasi 60 menit. Hal itulah yang membuat penulis tertarik untuk menganalisis proses peliputan wartawan infotainment “OBSESI” dalam konteks kode etik Maret- April 2009. Metode yang penulis gunakan adalah metode analisis data. Analisis data adalah proses mencari, menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan dilapangan, dan bahan-bahan lain, sehingga dapat mudah dipahami, dan temuannya dapat diinformasikan kepada orang lain dengan menggunakan kategorisasi objektivitas pemberitaan pers. Narasumber penulis adalah Produser Eksekutif, Produser, Koordinator liputan, Reporter, Kameramen, Koordinator Editor. Hasil analisis ini menunjukkan pada saat proses peliputan, wartawan infotainment “OBSESI” berani untuk mengambil resiko dalam menyelesaikan tugasnya. Sering kali untuk mendapatkan berita, reporter juga dengan kameramen infotainment “OBSESI” menggunakan cara-cara yang bertentangan dengan etika profesi kewartawanan seperti melakukan canded camera (pengambilan gambar seacara sembunyi – sembunyi tanpa diketahui oleh narasumber) pada proses peliputan Pinkan Mambo di pengadilan agama Jakarta Selatan, menerima amplop pada peliputan di lokasi syuting Abdel dan Temon dan membuat narasumber merasa terdesak seperti kasus VJ Marissa yang menghantam kamera tim “OBSESI”. Disini penulis menyarankan agar kedepannya, koordinator liputan lebih mengawasi pola kerja tim liputan di lapangan dan tim “OBSESI” tetap berpegangan pada kode etik jurnalistik yang ada.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 09 152
Call Number: SK/09/551
NIM/NIDN Creators: 44105010060
Uncontrolled Keywords: proses peliputan, global tv, wartawan, infotainment, kode etik jurnalistik
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 17 Nov 2009 09:47
Last Modified: 31 May 2017 02:08
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25078

Actions (login required)

View Item View Item