Strategi redaksi majalah hai dlm menentukan cover edisi tahun baru 2009

Aryadi, Andi (2009) Strategi redaksi majalah hai dlm menentukan cover edisi tahun baru 2009. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Tumbuh pesatnya media-media cetak yang ada di Indonesia khususnya majalah, tampaknya mengakibatkan persaingan yang begitu signifikan sehingga dapat meraih keuntungan dari hasil penjualan. Salah satu elemen yang penting digunakan penerbit adalah dengan menampilkan cover yang menarik pada majalah, sehingga khalayak tertarik untuk membaca dan membeli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi redaksi Majalah Hai dalam menentukan cover edisi Tahun Baru 2009. Kerangka pemikiran yang peneliti gunakan dalam hal ini adalah komunikasi massa, media cetak, majalah,. Agenda setting sebagai tolak ukurdalam penelitian, peneliti menggunakan Agenda setting dari McCombs dan Shaw yang menyatakan bahwa untuk membentuk persepsi khalayak tentang apa yang dianggap penting oleh media, maka dianggap penting oleh masyarakat. Apa yang dilupakan media, akan luput juga dari perhatian masyarakat. Pada penelitian ini strategi redaksi yang digunakan adalah mamajemen redaksional oleh Hanry Fayol yaitu proses menginterprestasikan, mengkoordinasikan sumber daya, sumber dana dan sumber-sumber lainnya untuk mencapai tujuan dan sasaran melalui tahapan-tahapan. Perencanaan ( planning ), pengorganisasian ( organizing ), pergerakan ( actuating ), dan pengendalian ( controlling ). Sifat penelitian ini deskriftif kualitatif dengan metode studi kasus dimana dalam memproleh data menggunakan beberapa cara antara lain wawancara, pengamatan, menelaah dokumen-dokumen, dan data apapun untuk memperoleh dan menguraikan suatu kasus secara terinci. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi redaksi yang digunakan dalam menentukan cover edisi Tahun Baru 2009, sesuai dengan apa yang direncanakan baik dari segi tiras, hasil penjualan dan perolehan iklan pada edisi tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FE/AK. 09 127
Call Number: SK/09/520
NIM/NIDN Creators: 04102-007
Uncontrolled Keywords: Strategi redaksi - cover majalah
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 13 Nov 2009 11:37
Last Modified: 05 Jun 2017 06:35
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25049

Actions (login required)

View Item View Item