Strategi komunikasi humas depdiknas dlm menyosialisasikan program buku murah

Rahmat, Indra Amat (2009) Strategi komunikasi humas depdiknas dlm menyosialisasikan program buku murah. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) Memahami perannya sebagai instansi yang bertugas untuk menangani berbagai masalah yang terkait dengan pendidikan di Indonesia, Buku merupakan salah satu sarana penting dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Salah satu permasalahan perbukuan dewasa ini adalah ketersediaan buku yang memenuhi standar nasional pendidikan dengan harga murah yang dapat dijangkau oleh masyarakat luas. Persoalan harga buku yang mahal dan menjadi beban pembiayaan orang tua murid. Sehingga Depdiknas merasa perlu mengeluarkan sebuah kebijakan dibidang perbukuan. Oleh karena itu penelitian ini mempunyai rumusan masalah yakni bagaimanakah strategi komunikasi yang dilakukan oleh humas Depdiknas dalam menyosialisasikan pogram buku murah. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan humas Depdiknas dalam menyukseskan program buku murah. Kerangka pemikiran dari penelitian ini terdiri dari komunikasi yakni pengertian, karakteristik, tujuan, efek/dampak. Kemudian teori mengenai PR yaitu beberapa definisi humas, PR sebagai fungsi manajemen, tugas humas, peran humas, aktivitas humas, sosialisasi, media humas, publik. Selain itu juga terdapat konsep strategi komunikasi, strategi komunikasi, Perencanaan Strategi (planning), dan hal-hal yang dilakukan agar program atau kegiatan sosialisasi humas dapat berhasil. Panalitian ini bersifat deskriptif-kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus (case study). Adapun pengumpulan banyak data yang bersumber dari proses tanya jawab dengan narasumber yakni Key informan dan narasumber pembanding, dengan mengunakan teknik in-depth interview (wawancara mendalam). Penelitian ini difokuskan pada langkah-langkah Proses Strategi komunikasi menurut Scott M. Cutlip, Allen H. Center, dan Glen M. Broom atau disebut Proses Prencanaan Public Relations, yang terdiri dari Mendefinisikan Masalah (Analisis Situasi), Membuat Rencana dan Program, Bertindak dan Berkomunikasi, Mengevaluasi Program. Strategi yang dilakukan humas Depdiknas tidak terlepas dari kerjasama dengan berbagai pihak. Humas Depdiknas mengunakan media massa sebagai perantara untuk mengkomunikasikan mengenai program buku murah ini kepada masyarakat. Melakukan pendekatan dan kerja sama kepada pihak yang kontra, rapat koordinasi internal, roadshow ke daerah-daerah, iklan layanan masyarakat dan juga talkshow dilakukan oleh humas Depdiknas melalui kerjasama dengan media elektronik. Hasil penelitian yang diperoleh adalah Pusat Informasi Dan Humas telah menerapkan langkah-langkah proses perencanaan strategi. Kesimpulan penelitian, strategi komunikasi yang dilakukan humas Depdiknas untuk menyukseskan program buku murah telah berhasil, Saran praktis adalah Depdiknas melakukan penyuluhan dan seminar kepara guru serta survey secara langsung kepada para pengguna buku murah, tudak hanya melalui berbagai aliran media saja.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 09 117
Call Number: SK/09/517
NIM/NIDN Creators: 04203-079
Uncontrolled Keywords: komunikasi humas, depdiknas, sosialisasi program
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 13 Nov 2009 11:28
Last Modified: 05 Jun 2017 06:25
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25046

Actions (login required)

View Item View Item