Strategi promosi event kejuaraan pencak silat antar perguruan tinggi pd POMDA DKI Jakarta periode Desember 2008

Wibowo, Kuncoro Ari (2009) Strategi promosi event kejuaraan pencak silat antar perguruan tinggi pd POMDA DKI Jakarta periode Desember 2008. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Kuncoro AriWibowo (4430401-007) Strategi Promosi Event Kejuaraan Pencak Silat Antar Perguruan Tinggi Pada “POMDA” DKI Jakarta Periode Desember 2008 i – ix + 71 halaman ; 4 bagan ; 1 tabel Bibliografi: 23 buku ( 1992 – 2006 ) + net Komunikasi merupakan hal yang sangat mendasar dan sangat penting dalam dunia usaha apapun. Khususnya dalam dunia pemasaran. Pemasaran merupakan suatu bidang usaha promosi, untuk membantu pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan pemasaran dalam memperbaiki hubungan pertukaran pihak lain. Serta juga sebagai alat untuk mempengaruhi konsumen dalam kegiatan pembelian atau penggunaan jasa sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya. Karena promosi merupakan suatu perencanaan yang membaurkan kegiatan periklanan untuk mencapai suatu sasaran yang dituju. Perumusan masalah yang di kaji dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi promosi event kejuaraan pencak silat antar perguruan tinggi pada POMDA DKI Jakarta periode Desember 2008 serta tujuan penelitian yang akan dicapai adalah untuk memberikan gambaran bagaimana strategi promosi event kejuaraan pencak silat antar perguruan tinggi pada POMDA DKI Jakarta periode Desember 2008 dilakukan. Tinjauan pustaka dari penelitian ini terdiri atas komunikasi sebagai kegiatan pemasaran, bauran pemasaran, bauran promosi, alat-alat dalam kegiatan promosi, strategi promosi, tujuan promosi, segmentation, targeting, positioning, dan analisis SWOT. Sifat penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan metode studi kasus. Penentuan nara sumber ini melalui wawancara dengan ketua bidang organisasi dan wakil ketua bidang promosi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Hasil penelitian secara keseluruhan dapat diketahui bahwa pada strategi promosi yang dilakukan termasuk ke dalam komunikasi massa, karena strategi yang dilakukan ini yaitu dengan pulling strategy, yang menggunakan periklanan, promosi penjualan, dan publisitas. Dengan menggunakan media cetak seperti poster, leafleat, billboard, spanduk, flyer, dan beberapa media cetak lainnya. Kesimpulan yang di peroleh dari hasil penelitian diketahui bahwa dalam penyelenggaraan event kejuaraan pencak silat antar perguruan tinggi pada POMDA DKI Jakarta periode Desember 2008 ialah metode pulling strategy yang dilakukan dengan menggunakan beberapa alat promosi dengan tujuan menginformasikan kepada mahasiswa dan mahasiswi tentang adanya event kejuaraan tersebut. Dan untuk saran, bagi pihak penyelenggara event harus lebih meningkatkan kegiatan promosinya dengan tidak terlepas dari strategi yang matang dan memanfaatkan fasilitas yang dimiliki.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 09 037
Call Number: SK/09/512
NIM/NIDN Creators: 4430401-007
Uncontrolled Keywords: promosi event
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 12 Nov 2009 16:07
Last Modified: 31 May 2017 02:07
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25041

Actions (login required)

View Item View Item