Analisa Perhitungan Relai Arus Lebih Dan Relai Gangguan Pentanahan Pada Panel Utama Tegangan Rendah Di PT. Sinar Inti Elektrindo Raya.

Sutarto, (2009) Analisa Perhitungan Relai Arus Lebih Dan Relai Gangguan Pentanahan Pada Panel Utama Tegangan Rendah Di PT. Sinar Inti Elektrindo Raya. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (SKRIPSI FULL)
0140211-079 Sutarto.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)

Abstract

ABSTRAK Seiring dengan meningkatnya teknologi dan kompleksitas fungsional instalasi listrik, maka listrik menjadi kebutuhan pokok. Pemilihan relai pengaman dalam instalasi merupakan hal yang sangat penting untuk memberikan perlindungan dan menjamin kontinuitas ketersedian tenaga listrik. Relai pengaman berfungsi untuk : 1. Merasakan, mengukur dan menentukan bagian sistem yang terganggu serta memisahkan secepatnya sehingga sistem lainnya yang tidak terganggu dapat beroperasi secara normal. 2. Mengurangi kerusakan yang lebih parah dari peralatan yang terganggu. 3. Mengurangi pengaruh gangguan terhadap bagian sistem yang lain yang tidak terganggu didalam sistem tersebut disamping itu mencegah meluasnya gangguan. 4. Memperkecil bahaya bagi manusia. Untuk lebih mengoptimalkan hasil yang akan diperoleh dalam menentukan relai pengaman pada panel utama tegangan rendah, disini penulis mencoba membahas perhitungan dengan cara membandingkan beberapa proyek yang menggunakan relai pengaman tersebut. Sehingga didapat apa penyebab gangguannya dan bagaimana cara mengatasi gangguan tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTI/ELK. 09 037
Call Number: STI/09/567
NIM/NIDN Creators: 0140211-079
Uncontrolled Keywords: TEGANGAN, LISTRIK, ARUS
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 22 Dec 2009 14:28
Last Modified: 29 Jun 2022 07:09
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25027

Actions (login required)

View Item View Item