Optimalisasi Infrastruktur Jaringan Tegangan Menengah 20 Kv Untuk Media Komunikasi Data AMR Di Kawasan Pelayanan Prima (KPP) Pondok Indah.

Natakusuma, Rudi Mulyadi (2009) Optimalisasi Infrastruktur Jaringan Tegangan Menengah 20 Kv Untuk Media Komunikasi Data AMR Di Kawasan Pelayanan Prima (KPP) Pondok Indah. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (SKRIPSI FULL)
41405110027 Rudi Mulyadi Natakusuma.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Infrastruktur teknologi komunikasi data merupakan tulang-punggung pada sistem Automatic Meter Reading (AMR), media komunikasi data yang umum digunakan sistem AMR adalah jaringan Global System for Mobile Communication (GSM) dan Public Service Telecommunication Network (PSTN). Saat ini media komunikasi yang menggunakan GSM pada saat/titik tertentu komunikasinya masih sering terganggu sehingga sistem kontrol AMR tidak berfungsi secara maksimal serta dengan adanya persaingan harga pemakaian pulsa beberapa provider telah menyatakan membatasi media untuk komunikasi data, sehingga diperlukan adanya alternatif pengganti media komunikasi data yang lebih baik dan handal. Perancangan ini menggabungkan dari teknologi yang ada yaitu komunikasi data melalui Jaringan Listrik Tegangan Rendah ( TR ) dengan Jalur Listrik Tegangan Menegah (TM) atau Distribution Power Line Carrier (DPLC). PLN (Persero) khususnya PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang yang mempunyai infrastruktur jaringan listrik Tegangan Menengah (TM) dan Tegangan Rendah (TR) dengan sistem jaringan spindle sangat memungkinkan untuk menggunakan teknologi ini, selain keandalannya sesuai dengan jaringan listrik yang dipasok juga tidak perlu mengeluarkan biaya pulsa bulanan. Area Pelayanan (APL) Bulungan sebagai salah satu unit di PT. PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang, memanfaatkan sistem AMR DPLC ini untuk proses pengawasan dan pengontrolan pemakaian Energi Listrik oleh para pelanggannya. Hal ini dilakukan mengingat banyak pelanggan Bisnis dan VIP (pelanggan rumah tangga daya besar) yang perlu penggunaan energi listriknya dipantau secara kontinyu dan akurat juga privacy pelanggan tidak terganggu dengan adanya para petugas pencatat meter.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTI/ELK. 09 036
Call Number: STI/09/600
NIM/NIDN Creators: 41405110027
Uncontrolled Keywords: INFRASTRUKTUR JARINGAN, Media Komunikasi data DPLC TM/TR
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 29 Dec 2009 10:51
Last Modified: 20 Jul 2022 01:47
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/24952

Actions (login required)

View Item View Item