PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI DIAL-IN CALLBACK SERVER BEBASIS LINUX

HIDAYAT, GINANJAR (2010) PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI DIAL-IN CALLBACK SERVER BEBASIS LINUX. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (SKRIPSI FULL)
41505010103 Ginanjar Hidayat.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Mobilitas yang tinggi dewasa ini membuat kita berfikir bagaimana cara untuk dapat membuat hidup dan pekerjaan kita lebih mudah. Bagi seorang sistem administrator jaringan, mutlak harus setiap saat dan setiap waktu mengontorl sistem jaringan yang ia kelola dimanapun dan kapanpun ia berada, karena jaringan komputer dan sistem yang ada harus dikontrol setiap saat dan setiap waktu untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah dial-in callback server, yang dapat dirancang dengan menggunakan sistem operasi Linux dengan memanfaatkan paket Mgetty dan PPPD (Point to Point Protocol Daemon). Dial-in callback server adalah sebuah server yang dapat memanggil atau menghubungi kembali client melalui jalur telepon PSTN (Public Switched Telephoe Network), setelah client menghubungi server tersebut, sehingga hanya server yang terkena biaya koneksi antara client dan server. Biaya koneksi tersebut dapat berupa pemakaian internet, dial dan lain sebagainya. Sehingga memudahkan administrator jaringan mengontrol sistem jaringan dari mana saja, kapan saja dan biaya di tanggung pihak kantor atau perusahaan tempat dimana ia bekerja. Penulis dalam melakukan perancangan dial-in callback server menggunakan sistem operasi Linux dengan client berbasis Microsoft Windows. Untuk merancang dan menguji server tersebut dibutuhkan dua buah komputer, satu buah komputer untuk server dan satu buah komputer untuk client. Dua buah modem dan dua buah jalur telepon digunakan sebagai sarana komunikasi antar keduanya. Pengujian terhadap server ini dilakukan setelah berbagai macam konfigurasi yang dibutuhkan di sisi client dan server telah dibuat dan berjalan sesuai dengan keinginan. Dial-in callback server ini diharapkan dapat membantu tugas seorang administrator jaringan komputer. Dan dari hasil penelitian, akan lebih baik jika dapat dikembangkan dial-in callback server dengan memenfaatkan teknologi GSM (Global System for Mobile Communications), CDMA (Code Division Multiple Access), maupun 3G.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FIK/INFO. 10 073
Call Number: SIK/15/10/040
NIM/NIDN Creators: 41505010103
Uncontrolled Keywords: Linux, Jaringan Komputer, Point to Point, Paket Linux
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 18 Mar 2010 10:45
Last Modified: 10 Jan 2023 02:27
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/22816

Actions (login required)

View Item View Item