Analisa Perbandingan Laporan Keuangan Untuk Menilai Tingkat Kesehatan Ditinjau Dari Aspek Likuiditas, Solvabilitas, Rentabilitas Pada Koperasi Jasa Keuangan Syariah (Studi Kasus : BMT Artha Sejahtera, Srandakan, Yogyakarta)

Rosa, Dalih Ekana (2010) Analisa Perbandingan Laporan Keuangan Untuk Menilai Tingkat Kesehatan Ditinjau Dari Aspek Likuiditas, Solvabilitas, Rentabilitas Pada Koperasi Jasa Keuangan Syariah (Studi Kasus : BMT Artha Sejahtera, Srandakan, Yogyakarta). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text (Bab 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB)
[img] Text (Bab 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text (Bab 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text (Bab 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)
[img] Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang- seorang atau prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan. Koperasi Jasa Keuangan Syariah adalah koperasi yang kegiatan usahanya bergerak dibidang pembiayaan, investasi, dan simpanan sesuai pula bagi hasil (syariah). Sebagai lembaga mikro intermediasi antara pihak-pihak yang memiliki kelebihan dana dengan pihak-pihak yang memerlukan dana diperlukan KJKS BMT dengan kinerja keuangan yang sehat, sehingga fungsi intermediasi dapat berjalan dengan lancar dan kebutuhan informasi mengenai kelangsungan hidup KJKS BMT sangat penting bagi pihak-pihak yang berkepentingan. Oleh karena itu perlu disusun suatu sistem yang dapat memberikan peringatan dini (early warning) adanya problematika keuangan yang mengancam operasional KJKS BMT. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti tentang faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kesehatan KJKS BMT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan variabel operasional untuk teknik analisa laporan keuangan menggunakan rasio likuiditas, solvabilitas, rentabilitas. Hasil dari penelitian ini bahwa tingkat kesehatan di ukur dari rasio likuiditas dan rentabilitas menunjukkan bahwa BMT dalam keadaan baik, tetapi di ukur dari rasio solvabilitas menunjukkan bahwa BMT dalam keadaan tidak baik, karena kondisi pemupukan modal KJKS BMT yang berbentuk koperasi masih terbatas pada simpanan pokok, wajib dan sukarela. Akibatnya modal sendiri pertumbuhannya tidak signifikan. Hal ini tercermin dari rendahnya angka CAR (Capital Adequacy Ratio) dan terlalu tingginya angka DER (Debt to Equity Ratio). Namun demikian KJKS BMT Artha Sejahtera masih dikategorikan sehat, karena faktor likuiditas dan rentabilitas masih baik.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FE/AK. 10 066
Call Number: SE/AK/10/104
NIM/NIDN Creators: 43206110066
Uncontrolled Keywords: Rasio Keuangan, deskriptif kuantitatif, tingkat kesehatan KJKS BMT
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 01 Feb 2010 11:21
Last Modified: 29 May 2017 04:13
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/22788

Actions (login required)

View Item View Item